Saturday 27 June 2015

Internet


internet
Apa itu INTERNET

Hampir setiap orang di hampir seluruh belahan dunia tidak terlepas dari kata ini dalam  mengakses baik berupa data, suara dan video. Kata itu adalah INTERNET.
Dari data yang dihimpun tercatat sampai dengan tanggal 30 Desember 2014 pengguna INTERNET sebanyak tiga millyard tiga puluh tujuh juta enam ratus delapan ribu tiga ratus orang di seluruh dunia. Dan negara pengguna INTERNET terbanyak adalah China disusul Amerika Serikat dan kemudian India. Hal ini menunjukkan betapa INTERNET berpengaruh besar pada perkembangan perdaban manusia modern.

Marilah kita membahas lebih lanjut tentang kata "Internet" agar kita bisa memahaminya.
Kata "Internet" merupakan singkatan kata dari Interconnection-Networking.. Jika dijabarkan secara sistem global maka internet merupakan jaringan komputer di seluruh penjuru dunia yang saling terhubung satu sama lain dengan standar Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (paket switcing communication protocol) sehingga antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya dapat saling mengakses informasi dan bertukar data.
Internet mencakup segala sesuatu secara luas baik itu dalam bidang komputerisasi maupun dalam bidang telekomunikasi. Untuk menggunakan fasilitas Internet kita diwajibkan menjadi pelanggan atau harus berlangganan ke salah satu  Penyelenggara Jasa Internet/Penyedia Layanan Internet yang dalam istilah kerennya ISP (Internet Service Provider) di masing-masing negara. Misalnya di Indonesia kita berlangganan ke penyedia fasilitas seperti Telkom, Telkomsel atau Indosat.
Kesimpulannya adalah Rangkaian internet terbesar adalah INTERNET dan cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (antarjaringan).
Demikian pembahasan saya tentang INTERNET mudah-mudahan bermanfaat. Agar lebih memahami  mengenai INTERNET jangan lewatkan membaca Fasilitas dan Bagian-bagian dari Internet yang berhubungan dengan Internet antara lain: World Wide Web (www), http, url, DNS, Web Browser.
Wassalam..........

No comments:

Post a Comment