Saturday 27 June 2015

Fasilitas dan Bagian-bagian Dari Internet


fasilitas dan bagian-bagian internet
Berbicara tentang fasilitas dan bagian-bagian serta layanan dari Internet akan sebanyak apa yang kita butuhkan atau sebanyak apa yang kita ingin lakukan di Internet. 
Berikut ini ada beberapa bagian-bagian, layanan dan fasilitas penting yang ada di Internet yang perlu diketahui antara lain: 

1. WWW (World Wide Web)  
kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW atau lebih dikenal dengan nama Web adalah bagian paling menarik dari Internet. Melalui Web kita dapat mengakses informasi-informasi berupa teks, gambar, suara, video dan animasi.

2. HTTP adalah sebuah protokol jaringan lapisan. 
Aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif dan menggunakan hypermedia. Banyak digunakan pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan (dokumen hypertext) yang kemudian membentuk WWW. 

3. URL (Uniform Resource Locator
adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu dan berfungsi untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL menunjukkan sumber daya Internet atau alamat sebuah halaman Web (homepage) yakni halaman suatu dokumen atau program yang ingin ditampilkan atau digunakan. 

4. DNS (Domain Name System) atau Sistem Penamaan Domain
adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet. Fungsinya mengidentifikasi setiap komputer sebagai titik jaringan di Internet dan menggunakan sistem protokol address untuk menerjemahkan dari nama domain ke IP dan sebaliknya. DNS menyediakan Alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. 
Atau lebih tepatnya DNS bisa dianggap seperti buku teleponnya Internet. 

5. Web Browser 
adalah suatu program yang digunakan untuk menjelajahi dunia Internet atau untuk mencari informasi suatu halaman web yang tersimpan di komputer, seperti misalnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera dan lain-lain. 

6. E-mail (Electronic Mail) atau Surat Elektronik 
adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di Internet. Para pengguna email memilki sebuah mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu mailserver (situs penyedia layanan email). 
Dan masih banyak lagi Fasilitas dan Bagian-bagian dari Internet yang sangat penting dan saling berkaitan erat satu sama lain tidak dapat dijelaskan satu persatu, dalam postingan ini. Penulis hanya bisa memaparkan hal-hal penting saja. 
Terima kasih sudah membaca postingan saya.

No comments:

Post a Comment