Thursday 16 July 2015

Kanker Serviks dan Ciri-Cirinya

Ciri-Ciri Wanita Terkena Kanker Serviks 

 

ciri wanita terkena kanker serviks


Kanker Serviks atau yang biasa dikenal dengan Kanker Mulut Rahim merupakan salah satu penyakit yang menempati posisi pertama penyakit pembunuh wanita di samping penyakit Kanker Payudara. Karena itulah para wanita di dunia sangat takut terkena penyakit Kanker Serviks ini. 

Sebelum mengenal ciri-ciri wanita terkena penyakit kanker serviks, perlu kita ketahui apa saja penyebabnya. Bedakan dengan ciri-ciri Penyakit Kista
Penyebab-penyebabnya yang bisa saya kemukakan di sini antara lain: 

1.Virus yang biasa disebut Human Papilloma Virus (HPV) tipe 16 dan tipe 18. Virus ini menyebar lewat cairan tubuh, sentuhan kulit dan lewat pemakaian wc umum. 
2. Kebiasaan merokok 
3. Kurangnya asupan vitamin C dan vitamin E dan asam folat
4. Sering gonta-ganti pasangan dalam melakukan hubungan intim. 

Setelah kita mengetahui penyebab dari kanker serviks, marilah kita menyimak apa saja yang menjadi ciri-ciri atau tanda-tanda dan gejala wanita terkena kanker serviks. 
Pada umumnya gejala penyakit kanker serviks baru dirasakan oleh penderitanya setelah sekitar 10 sampai 20 tahun, karena pada awalnya hanya dirasakan sebagai infeksi biasa, sehingga sangat sulit untuk dideteksi pada tahap awal bahwa wanita terkena kanker serviks. Biasanya si wanita tersebut hanya mengira sebagai kondisi kurang fit saja. 

Adapun ciri-ciri atau gejala dari penyakit kanker serviks adalah sebagai berikut: 

1. Pendarahan abnormal pada vagina (Ini adalah gejala umum). 
Para wanita diharapkan untuk memperhatikan menstruasi mereka, pendarahan setelah hubungan seksual, bercak darah diantara periode menstruasi. Sebuah pendarahan vagina yang abnormal dan tiba-tiba tanpa alasan, segeralah periksakan diri Anda ke dokter agar sedini mungkin kanker serviks terdeteksi. 

2. Nyeri panggul
Nyeri panggul yang timbul bukan karena menstruasi atau aktifitas fisik. 

3. Mengalami Keputihan yang sering dan tidak biasa

4. Sering Buang Air Kencing. Peningkatan frekuensi kencing yang tidak biasa 
dan bukan dalam keadaan hamil. 

5. Sulit Buang Air Kecil. Merasakan sulit buang air kecil disertai dengan rasa sakit mungkin gejala penyakit infeksi saluran kemih (ISK). Agar bisa dipastikan dengan jelas sebaiknya sesegera mungkin Anda memeriksakan diri ke dokter. 

6. Nyeri Selama Hubungan Seksual. Rasa sakit yang tidak diinginkan selama berlangsung hubungan seksual. 

7. Gangguan Pencernaan. Ini ditandai dengan sembelit kronis, merasa ada benjolan dan rasa sakit pada saat buang air besar. 

8. Kehilangan Nafsu Makan. Mendadak nafsu atau selera makan Anda menurun 

9. Kelelahan Yang Berkepanjangan. Walaupun Anda sudah beristirahat atau tidur sebagaimana biasanya namun tetap merasakan suatu kelelahan yang amat. 

Beberapa ciri-ciri kanker serfiks dan sedikit tentang penyebabnya, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kalian, sehingga kalian semakin memahami diri masing-masing dan lebih percaya diri.
Pastikan diri Anda dengan sesegera mungkin secara dini ke dokter bila Anda merasakan gejala-gejala seperti yang telah saya kemukakan. 
Terima kasih dan Wassalam..........

No comments:

Post a Comment